Panduan Penggunaan Microsoft Word 2007


Panduan Penggunaan
Microsoft Office Word 2007
M. Aminuddin, S.Pd.I
email: amienzamien@yahoo.co.id fb: Amien eR vi Pie
Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor)
yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table,
dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan
Microsoft Office Word.
Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang
mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini.
Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan.
Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word
2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagi
menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar
dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab (lihat gambar 1.2) yang terdiri dari beberapa grup
yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.
Bagian 1:
Mengenal Microsoft Office Word 2007
Pada bab ini akan diuraikan tentang perkenalan terhadap Microsoft Office Word 2007 seperti
membuka dan menutup jendela Word 2007, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen
baru, mengenal jendela Word 2007 dan mengenal dasar pengetikan yang merupakan langkah
awal yang benar-benar harus dikuasai dalam mempelajari Microsoft Office Word 2007.
1.1 Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
􀂾 Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
􀂾 Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu (gambar 1.1 a).
􀂾 Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft Office
    Word 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.








( a )                                                                              ( b )
Gambar 1.1
Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut di
desktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007.
Adapun untuk membuat shorchut tersebut adalah:
􀂾 Klik Tombol Start yang ada di taskbar lalu pilih All Program
􀂾 Sorot Microsoft Office dan klik kanan pada Icon Microsoft Office Word 2007.
􀂾 Ketika muncul sejumlah menu (gambar 1.1 b), klik Send To dilanjutkan dengan mengklik
Desktop (create shorchut).
1.2 Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
Tombol Microsof Office  
                                         Toolbar Quick Access                                           Title Bar                         Tombol Close




       Margin atas                           
            Ruler
 

                            Margin Kiri                                                                                                                                   Margin Kanan     Scroll bars







            Status Bar                                                                                                     Tombol View                   Zoom
Keterangan gambar 1.2:
􀂾 Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi
    sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
􀂾 Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo,
    dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung
    kanan toolbar ini , dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More
    Commands. Contohnya toolbar pada gambar 1.2.
􀂾 Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan nama
   dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka
   Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan
   seterusnya.
􀂾 Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
􀂾 Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
􀂾 Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke
    kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke
    bawah gunakan vertical scroll bar.
􀂾 Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar
    kerja, garis, tabulasi dan lain-lain.
􀂾 Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah
    halaman, dan bahasa yang digunakan.
􀂾 Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout,
   fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
􀂾 Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada
   jendela word.
1.3 Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan
dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis
menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat
dokumen baru.                                                                                        
􀂾 Klik tombol Microsoft Office , Office Buutonl, alu klik New 
􀂾 Maka keluar kotak dialog New (gambar 1.3).







Gambar 1.3
1.4 Membuka Dokumen
Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkah-langkahnya:
􀂾 Klik tombol Office Button , lalu klik Open. (tekan CTRL+O di keyboard).
􀂾 Keduanya akan menampilkan kotak dialog open (lihat Gambar 1.5).








Gambar 1.5
􀂾 Pada pilihan Look in tentukan folder atau drive yang dijadikan tempat penyimpanan.
􀂾 Pada pilihan File of type, klik format file dokumen yang dimaksud.
􀂾 Pada Deretan file atau folder yang ada, klik file yang akan dibuka. Jika file terdapat pada folder,      maka folder tersebut harus dibuka dengan cara double klik pada folder tersebut.
􀂾 Klik Open.

1.5 Menutup Dokumen Pada Microsoft Office Word 2007
Untuk menutup dokumen pada Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai
berikut:
􀂾 Klik tombol Microsoft Office
􀂾 Klik close yang berada paling bawah deretan menu                    atau tekan (CTRL + W dikey board).
Catatan:
Apabila muncul pertanyaan seperti pada Gambar 1.6, itu tandanya bahwa dokumen yang kita
kerjakan belum disimpan baik dokumen baru maupun dokumen lama yang telah dirubah.
Terdapat tiga tombol yaitu:
􀂾 Yes untuk menyimpan dokumen/file ke file dokumen baru (jika belum disimpan sebelumnya) atau ke  dokumen lama (jika sudah disimpan sebelumnya). Jika yang dibuka file dokumen lama, maka segala macam bentuk perubahan akan disimpan pada file dokumen tersebut.
􀂾 No untuk keluar dan abaikan penyimpanan
􀂾 Cancel untuk membatalkan perintah keluar



Gambar 1.6
1.6 Mengakhiri Microsoft Office Word 2007
Untuk mengakhiri Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:
􀂾 Klik tombol Microsoft Office .
􀂾 Klik Exit Word yang berada di sudut kanan bawah deretan menu atau tekan saja ALT + F4
di keyboard.
􀂾 Atau dapat juga dengan menekan tombol close di sudut kanan atas
Bagian II
Melakukan Pengeditan Teks
2.1 Menandai teks
Menandai teks bisa diistilahkan dengan menyorot teks, memilih teks atau juga memblok teks.
Cara memilih teks, bisa menggunakan mouse, keyboard atau gabungan keduanya.
a) Menggunakan Keyboard, tombol yang digunakan adalah:
Tombol Fungsi
Shift+End                   Menandai sampai ke akhir baris
Shift+Home               Menandai sampai ke awal baris
Shift+Page Up          Menandai sampai satu layar ka-atas
Shift+Page Down     Menandai sampai satu layar ke-bawah
Ctrl+Shift+Home       Menandai sampai ke awal dokumen
Ctrl+Shift+End          Menandai sampai ke akhir dokumen
Ctrl+A                         Menandai seluruh teks yang ada pada dokumen
b) Menggunakan Mouse
Tombol Fungsi,                                                                     untuk memilih
Klik tahan (drag) teks yang diinginkan                             Sembarang teks
Klik ganda pada kata                                                                       Satu kata
Klik pada selection bar                                                        Satu baris
Drag pada selection bars                                                    Beberapa baris
Klik ganda pada selection bar atau klik 3X pada bagian          Satu paragraph
paragraph
c) Menggunakan mouse dan keyboard
Tombol Fungsi,                                                                     untuk memilih
Tekan CTRL lalu klik kalimat yang diinginkan                Satu kalimat
Tekan ALT lalu drag mouse ke posisi yang dinginkan Berbentuk kolom
Catatan:
Selection bar adalah bagian yang terletak di sebelah kiri margin kiri. Untuk membatalkan
penandaan suatu teks, kliklah disembarang tempat.
2.1 Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkahlangkahnya:
􀂾 Pilihlah teks yang akan dipindahkan
􀂾 Klik home, pada grup Clipboard, klik icon cut (atau CTRL + X di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik cut.
􀂾 Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
􀂾 Masih di tab home, klik icon paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.
2.2 Menyalin Teks
Untuk menyalik teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkahlangkahnya:
􀂾 Pilihlah teks yang akan dipindahkan
􀂾 Klik tab home lalu klik icon copy (atau CTRL + C di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik copy.
􀂾 Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
􀂾 Masih di tab home, klik icon paste paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.
2.3 Undo dan Repeat/Redo
Undo adalah untuk membatalkan perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word.
Caranya dengan menekan icon undo pada quick access toolbar atau dengan menekan
CTRL + Z di keyboard.
Repeat adalah untuk mengulang perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word.
Caranya dengan menekan icon repeat pada quick access toolbar atau dengan menekan
CTRL + Y di keyboard.
Ketika menekan icon undo, maka tombol repeat berubah menjadi tombol redo
begitupun fungsinya yaitu untuk membatalkan perintah undo.
2.4 Menemukan Kata Pada Dokumen Yang Tersebar
Untuk menemukan sebuah kata pada dokumen yang tidak terlalu banyak/terdiri dari beberapa
halaman, memang mudak tapi coba bayangkan apabila harus menemukan satu kata pada
dokumen yang terdiri puluhan bahkan ratusan halaman, alangkah repotnya dan akan menyita
banyak waktu. Oleh karena itu, gunakanlah fasilitas find yang ada di Word 2007 dengan cara:
􀂾 Klik tab home lalu cari grup editing dan klik Find (perhatikan gambat 2.1 a) maka muncul
    kotak dialog Find and Replace. (lihat gambar 2.1 b)







􀂾 Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang yang akan dicari.
􀂾 Lalu klik Find Next untuk mencari per kata. Atau klik Find in dan lanjutkan dengan mengklik Main Document untuk mencari seluruh kata.
2.5 Mengganti Kata Pada Dokumen
Untuk mengganti beberapa kata yang sama pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman alangkah tidak efisien apabila harus ditemukan dahulu dan digantinya satu persatu dan di ketik secara manual. Dan kemungkinan besar ada kata yang terlewat tidak terganti. Misalnya pada sebuah dokumen terdiri dari 50 halaman kita akan mengganti semua kata Sandal dengan kata Sepatu. Dengan menghapus dan menggantinya satu persatu maka kita akan kehabisan waktu karean harus membaca dokumen per baris dan juga besar kemungkina kata tersebut terlewat. Maka untuk menanggulanginya, ikuti langkah berikut:
􀂾 Klik tab home lalu cari grup editing dan klik replace (perhatikan gambar 2.2 a) maka muncul kotak dialog Find and Replace (lihat gambar 2.2 b).




􀂾 Pada kotak pilihan Find what tulislah teks yang akan diganti.
􀂾 Pada kotak pilihan Replace with, tulislah kata yang baru.
􀂾 Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang dimaksud.
2.6 Menghapus teks
Untuk menghapus teks,
􀂾 Pilih teks yang akan dihapus
􀂾 Tekan delete di keyboard.
Bagian III
Pengaturan Dokumen
3.1 Menentukan Jenis, Ukuran dan Style Huruf
Untuk memperindah tampilan dokumen, kita dapat mengganti jenis huruf, ukuran huruf, styles
huruf maupun warna huruf.
Menentukan jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya ada dua cara yaitu:
a) Menggunakan Perintah Singkat (Icon)
Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf
dan sebagainya dengan menggunakan perintah singkat/icon. Caranya:
􀂾 Tandai terlebih dahulu teks yang ingin kita rubah atau dapat dilakukan sebelum memulai mengetik.
􀂾 Untuk merubah jenis huruf, klik item font (pada gambar panah) yang terdapat pada tab home dan grup Font, sehingga muncul daftar huruf dengan preview bentuknya. Lalu Kliklah pada huruf yang akan dipilih.
􀂾 Untuk merubah ukuran huruf, kliklah item font size yang disebelah item font lalu kliklah ukuran huruf yang diinginkan.
􀂾 Untuk membuat huruf cetak tebal, klik icon bold yang berada di bawah item font Click Bold . Atau bisa juga dengan menekan CTRL+B di keyboard.
􀂾 Untuk membuat huruf miring, klik icon italic disebelah kanan icon bold.
􀂾 Untuk menggaris bawahi huruf klik icon underline disebelah kanan icon italic.
􀂾 Untuk membuat huruf naik misalnya perpangkatan (m2), klik icon .
􀂾 Untuk membuat huruf naik misalnya pada rumus kimia (O2), klik icon .
􀂾 Untuk merubah warna huruf klik icon .
􀂾 Untuk merubah bentuk misalnya dari hurup kapital ke huruf biasa, dan sebagainya klik icon lalu pilihlah bentuk yang diinginkan.
b) Kotak dialog fonts.
Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf
dan sebagainya dengan menggunakan kotak dialog font. Caranya:
􀂾 Pertama–tama tandai teks yang akan dirubah atau bisa dilakukan sebelum mengetik.
􀂾 Pada tab home, klik perintah untuk menampilkan kotak dialog font pada grup Font
(gambar 3.1) atau tekan CTRL + D di keyboard.
􀂾 Maka keluar kotak dialog Font (gambar 3.2)



Keterangan:
􀂾 Font, digunakan untuk memilih jenis huruf yang telah ditandai.
􀂾 Font Style, digunakan untuk pengatur model huruf, apakah cetak tebal (bold), miring (italic), gabungan tebal dengan miring atau reguler (standar).
􀂾 Size, digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah ditandai.
􀂾 Font Color, digunakan untuk menentukan warna huruf yang ditandai.
􀂾 Underline Style, digunakan untuk menentukan jenis garis bawah. Untuk memilih jenis
garis bawah, klik-lah tab ini lalu pilih dan klik jenis garis bawah yang diinginkan.
􀂾 Underline Color, digunakan untuk menentukan warna garis bawah yang ditandai.
􀂾 Effects, digunakan jika kita ingin memberikan efek khusus terhadap teks. Terdapat
beberapa pilihan sebagai berikut:
3.2 Menentukan Spasi Antar Baris
Apabila diperlukan, Kita dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris
mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris,
ikuti langkah berikut :
􀂾 Pilih paragraf yang akan dirubah.
􀂾 Klik home, pada grup paragraph, klik Icon Line Spacing .
􀂾 Klik format paragraf yang diinginkan.
Catatan:
Untuk memunculkan pilihan lain tentang spasi baris, klik Line Spacing Option yang muncul
ketika mengklik icon Line Spacing .
3.3 Menentukan Spasi Sebelum atau Sesudah Paragrap
Untuk merubah spasi/jarak antara sebelum atau sesudah paragrap, ikuti langkah berikut:
􀂾 Pilih paragraf yang akan dirubah.
􀂾 Klik Page Layout, pada grup Paragraph, klik tanda panah Spacing Before atau Spacing
After dan masukkan nilai yang diinginkan.
3.4 Menentukan Perataan Paragraf
Untuk menentukan perataan paragrap, langkah-langkahnya:
􀂾 Pilih paragraf yang akan dirubah.
􀂾 Klik home, pada grup paragraph, klik perataan yang diingikan misalnya:
􀂃 Align Text Left untuk membuat teks rata di kiri saja.
􀂃 Align Center untuk membuat teks rata di tengah.
􀂃 Align Text Right untuk membuat teks rata di kanan saja.
􀂃 Align Justify untuk membuat teks rata di kiri dan kanan.
3.5 Membuat Bingkai dan Warna Belakang Pada Paragraf
Untul lebih memperindah lembar kerja/dokumen kita, terkadang harus menambahkan bingkai
dan warna belakang paragrap dengan cara:
􀂾 Tandai teks yang akan diberi bingkai
􀂾 Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background
yang akan menampilkan kotak dialog border and shading (gambar 3.9 a).





􀂾 Untuk memberi bingkai klik tab Borders (gambar 3.9) lalu tentukan:
􀂃 Pada kotak pilihan style, pilihlah jenis garis yang ingin digunakan.
􀂃 Pada kotak pilihan Color, pilihlah warna garis yang diingikan.
􀂃 Pada kotak pilihan Width, pilihlah lebar garis yang diingikan.
􀂃 Pada kotak pilihan Apply to:, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.
􀂃 Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box, Shadow, dll) lihatlah hasilnya pada preview.





􀂾 Untuk memberi warna belakang paragrap, masih di kotak dialog Border And Shading, klik tab Shading (gambar 3.10) lalu tentukan:
􀂃 Tentukan warna yang ingin digunakan pada kotak pilihan fill atau patterns.
􀂃 Pada kotak pilihan Apply to:, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.
􀂃 Lihat hasilnya pada preview.
􀂾 Apabila sudah ditentukan Klik OK dengan catatan kita bisa melalukan pengaturan pada border saja atau shading saja maupun kedua-duanya.
Bagian IV
Melakukan Pengaturan Pada Halaman
4.1 Membuat Bingkai Pada Halaman
Untuk mempercantik dokumen, kita bisa menambahkan bingkai pada halaman dengan cara:
􀂾 Tandai teks yang akan diberi bingkai
􀂾 Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background yang akan menampilkan kotak dialog border and shading (gambar 3.9 a Bab 3).
􀂾 Klik tab Page Borders (gambar 4.1):



􀂾 Lakukan Pengaturan pada:
􀂃 Kotak pilihan style, adalah untuk memilih jenis garis yang ingin digunakan.
􀂃 Kotak pilihan Color, adalah untuk memilih warna bingkai yang diingikan.
􀂃 Kotak pilihan Width, adalah untuk memilih lebar bingkai yang diingikan.
􀂃 Kotak pilihan Art, adalah untuk memilih jenis bingkai lain apabila tidak ingin menggunakan garis.
􀂃 Pada kotak pilihan Apply to:, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.
􀂃 Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box, Shadow, dll) lihatlah hasilnya pada preview.
􀂾 Klik OK
4.2 Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas
a) Untuk menentukan ukuran kertas dan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:
􀂾 Klik tab Page Layout.
􀂾 Klik perintah size di grup Page Setup .
􀂾 Apabila tidak ditemukan ukuran yang diinginkan klik more paper size yang akan memunculkan kotak dialog Page Setup (gambar 4.2 a). Lalu tentukan:
􀂃 Lebar kertas pada kotak pilihan Width
􀂃 Tinggi kertas pada pilihan Height.
􀂾 Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.
􀂾 Lalu klik OK.
b) Untuk menentukan Orientasi kertas langkah-langkahnya:
􀂾 Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup, klik perintah Orientation
􀂾 Lalu klik di salah satu pilihan orientasi meliputi potrait untuk orientasi tegak dan landscape untuk orientasi mendatar.
c) Untuk menentukan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:
􀂾 Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup, klik perintah Margin lalu klik ukuran margin yang dikehendaki.
􀂾 Apabila tidak ditemukan ukuran yang diinginkan klik custom margin yang akan memunculkan kotak dialog Page Setup (gambar 4.2 a). Lalu tentukan:
􀂃 Pada kotak pilihan Top tentukan lebar margin atas.
􀂃 Pada kotak pilihan Bottom tentukan lebar margin bawah.
􀂃 Pada kotak pilihan Left tentukan lebar margin kiri.
􀂃 Pada kotak pilihan Right tentukan lebar margin kanan.
􀂃 Pada kotak pilihan Gutter tentukan lebar penjilidan dan pada kotak pilihan Gutter position tentukan letak penjilidan apakah dikiti, diatas atau di kanan (apabila menggunakan penjilidan). Perintah ini diabaikan saja apabila tidak ingin menggunakan penjilidan.
􀂃 Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.
􀂾 Lalu klik OK






Catatan: Kita juga bisa langsung mengatur ketiga-tiganya (Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas)
secara langsung menampilkan kotak dialog page setup dengan cara:
􀂾 Klik perintah untuk memunculkan kotak dialog Page Setup di sudut kanan bawah grup
page setup. (gambar 4.3) maka muncul kotak dialog page Setup dan yang aktif margin
(gambar 4.2 b).


Bagian V
Menyisipkan Objek Lain Pada Word
5.1 Menyisipkan Teks Indah
Kita dapat menyisipkan variasi teks yang sangat indah dan warna-warna atau design yang
menarik dengan cara:
􀂾 Klik tab insert lalu klik icon Word Art pada grup illustration.
􀂾 Pilihlah jenis variasi yang diingikan pada tampilan preview (gambar 5.2 a).
􀂾 Lalu muncul kotak dialog Edit WordArt Text (gambar 5.2 b).





􀂾 Ketikkan teks yang akan disisipkan. Lalu klik OK
􀂾 Setelah teks disisipkan, kita dapat melakukan pengaturan WordArt menggunakan WordArt
    Tools yaitu tab Format yang muncul ketika teks yang disisipkan tersorot (gambar 5.3).
5.2 Menyisipkan Gambar dari Clipt Art
Microsoft Office Word 2007 juga menyediakan file gambar yang disediakan bersama paket
Microsoft Office dan kita dapat menyisipkannya kedalam dokumen dengan cara:
􀂾 Klik tab insert lalu klik icon CliptArt pada grup illustration.
􀂾 Pada jendela Clip Art (muncul sebelah kanan), di kotak Search for, ketik kata yang berkaitan dengan clipt art, atau langsung saja klik Go untuk memunculkan gambar yang ada.
􀂾 Klik pada gambar yang tampil.
􀂾 Tutup dengan menekan tombol close pada task pane Clipt Art .
5.3 Menyisipkan Gambar Dari File Gambar
File gambar yang kita simpan di hardisk, flash disk, disket, CD, dsb. dapat disisipkan ke dalam
dokumen yang sedang kita kerjakan dengan cara:
􀂾 Klik tab insert lalu klik icon picture pada grup illustration
􀂾 Pada kotak dialog Insert picture (gambar 5.4), tentukan lokasi tempat gambar disimpan.
􀂾 Klik gambar yang diinginkan lalu klik Insert.







􀂾 Kita dapat melakukan pengaturan tampilan pada gambar menggunakan Picture Tools yaitu tab    Format yang muncul ketika gambar yang disisipkan tersorot (gambar 5.5).



Bagian VI
Menyisipkan Tabel
6.1 Menyisipkan Tabel Baru
Microsoft Office Word 2007 juga dapat menyisipkan objek berbentuk tabel ke dalam dokumen
dengan cara:
􀂾 Klik tab insert lalu klik icon table pada grup tables.
􀂾 Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan.
􀂾 Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak, maka setelah
menekan icon table dilanjutkan dengan menekan insert table yang akan menampilkan
kotak dialog Insert Table (gambar 6.1).







􀂾 Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan.
􀂾 Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.
Biografi Penulis
M. Aminuddin, S.Pd.I. Lahir di Blora 30 Desember 1987. Penulis mulai tertarik di bidang komputerisasi sejak duduk di bangku MA kelas III dan waktu itu kebanyakan sistem operasi di desa Penulis masih berbasis Windows 98 dan Office 97. Penulis Menyelesaikan Studi S1 tahun 2009 di Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Blora. Penulis tidak pernah
mengikuti pendidikan yang formal untuk bidang ini.Penulis menekuninya secara autodidak. Mulai dari tahun 2008 sampai sekarang penulis menjadi tenaga pengajar mata pelajaran TIK & Penjasorkes  di MI & MTs Himmatul Muallimin Klopoduwur  .Penulis tinggal di Dk. Sumengko Ds. Klopoduwur Kec. Banjarejo Kab. Blora  Hp. 089654169216.

Komentar

Postingan populer dari blog ini